SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012

Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Demikian ungkapan yang pas untuk menggambarkan sosok Hermandari Kartowisastro. Usianya memang sudah menjelang 75 tahun, tapi semangatnya, tak kalah dari anak Jaman "now".

Perempuan kelahiran Banjarnegara, 13 November 1943 ini senang menyelam dan fotografi. Dua hobi yang membuatnya berbeda dari perempuan-perempuan berusia senja pada umumnya.

Hobinya menyelam, baru ia tekuni saat berusia 65 tahun. Itu pun awalnya cuma coba-coba, dan demi memuaskan rasa penasaran.

“Setelah nyoba kok rasanya seneng dan  akhirnya ketagihan,” ujar mantan Ketua GPSP periode 2008-2010 ini.

Bagi Hermandari, menyelam memiliki sensasi ketenangan yang tak bisa dijumpai di daratan. Apalagi pemandangan yang tersaji di bawah lautan biru, semakin membuatnya mencintai Indonesia, yang dikenal sebagai negara maritim.

“Sampai sekarang agenda menyelam itu terjadwal. Biasanya setahun dua kali,” kata ibu dua anak tersebut.

Begitu pula fotografi. Malah hobi ini berawal dari kegemarannya jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata. Merasa tak puas dengan foto yang terlalu biasa, Hermandari akhirnya serius mempelajari teknik-teknik fotografi kepada profesional, delapan tahun yang lalu.

“Karena saya ini emang suka travelling, jadi saya juga suka fotografi. Waktu itu saya pikir kok motret-nya cuma begini-begini aja. Makanya saya rasa saya harus belajar,” tutur Hermandari.

Hobi menyelam dan fotografi telah membawa Hermandari ke berbagai tempat di dunia. Sebut saja  Alor, Sumbawa, Wakatobi, dan  Raja Ampat hingga Antartika.

Bahkan, lima tahun lalu, saat usianya genap 70 tahun, Hermandari pernah menggelar pameran foto yang melahirkan sebuah buku katalog, hasil jepretan tangannya sendiri.

Hermandari tak punya resep khusus untuk tetap sehat dan bugar menjalankan hobinya. Namun, satu hal yang penting, dia enggan berdiam diri di rumah, dan lebih memilih membuat hidupnya tetap terasa ‘asyik’.

Resep ini ingin ditularkan Hermandari kepada seluruh perempuan Indonesia. Usia bukan alasan untuk bermalas-malasan. Sebab, bermalas-malasan, kata Hermandari, hanya akan menstimulasi pikiran cepat merasa bosan. Nah, bila sudah terserang bosan, tentu tak ada hal produktif yang bisa dihasilkan oleh perempuan.

Karena itu, rasa cinta terhadap pekerjaan adalah hal fundamental bagi para perempuan untuk sukses dalam berkarya. Seperti yang dilakukan Hermandari, meski tak muda lagi, dia tak mau kalah semangat belajar tentang hal baru yang belum dia ketahui.

Social Comments and Sharing

Top view

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

11.09.2012

Menilik Kemajuan

Bagi salah satu pendiri GPSP, Prof Mayling Oey

+ View

11.09.2012

Keluarga Jadi Sekolah

Apa yang dilakukan Rini Soemarno terhadap empat

+ View

Most Popular

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Keluarga Jadi Sekolah ...

Apa yang dilakukan Rini Soemarno terhadap empat ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top