SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012

Berkutat dengan padatnya lalu lintas ibu kota Jakarta setiap hari, bukan hal yang asing bagi Tri Lestari. Perempuan kelahiran Pemalang, 16 Februari 1950 itu sejak pukul lima pagi, sudah duduk di balik kemudi mobilnya dari kawasan Pamulang, Tangerang, menuju kantor Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat.

20 tahun sudah rutinitas ini dilakoni Tari, sapaan akrabnya. Setahun setelah sang suami wafat akibat penyakit hipertensi, Tari bergabung dengan GPSP, tepat ketika yayasan itu pertama kali didirikan oleh Herawati Diah pada 27 Oktober 1998.

Perjalanan dari rumah menuju tempat kerja bukan jarak yang tergolong dekat. Alih-alih langsung menuju kantor GPSP, Tari terlebih dahulu harus mengantarkan putri bungsunya, Maimunah (30) ke kantornya di kawasan Matraman. Jadi, setiap pagi, ibu tiga anak ini menempuh total 47,1 kilometer, sebelum akhirnya tiba di kantor GPSP.

“Sampai kayaknya mobil saya bisa belok sendiri,” canda Tari.

Tari tak pernah mengeluh dengan kesibukannya. Semangat Tari tak pernah memudar. Menyetir mobil pun dia lakoni setiap hari.

Kendati punya tiga orang anak yang sudah mandiri, Tari enggan berdiam diri di rumah. Menurut alumnus Universitas Diponegoro angkatan 1966 ini, lebih baik waktunya dia gunakan untuk kegiatan sosial, sembari menekuni pekerjaan yang saat ini dia jalani di GPSP.

“Saya enerjik? Bukan, itu sih terpaksa dari pada di rumah gak ngapa-ngapain kan,” ungkapnya.
Lima hari bekerja dalam satu minggu ternyata tidak membuat Tari berpuas hati. Saat akhir pekan tiba, Tari masih menjajal aktivitas lain di lingkungan rumah. Ketimbang berlibur ke luar, kata Tari, bercengkrama dengan tetangga dia anggap sebagai hal yang lebih menyenangkan.

“Malah kadang saya nunggu-nunggu akhir pekan,” ujarnya singkat.

Di tengah padatnya aktivitas yang dia jalani, ternyata Tari tak punya masalah khusus dengan kesehatannya. Saat ditanya tentang resep sehat yang dia jalani, Tari menyebut kesibukan lah yang membuat tubuhnya senantiasa bergerak, dan berolahraga secara tidak langsung.

Malah, Tari dengan ‘pede’ mengatakan di usianya yang akan memasuki 68 tahun ini, dia tidak memiliki pantangan apapun soal makanan.
“Saya suka sayur-sayuran, dan tidak ada masalah sama daging. Tapi kalau makan saya gak suka pedes,” terangnya.

Tari merupakan salah satu contoh perempuan Indonesia yang tak mau menyerah oleh waktu dan keadaan. Melalui pengalaman hidupnya, Tari berpesan supaya para perempuan tak bosan bangkit dalam keadaan sesulit apapun.

Bagi Tari, perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk berdaya di berbagai sektor kehidupan. Nah, untuk mewujudkan hal itu, perempuan tidak boleh berpangku tangan. Harus ada kemauan keras, serta semangat pantang menyerah, yang dibangun sejak dini. Sama seperti kegigihannya menembus kemacetan ibu kota setiap pagi.

Social Comments and Sharing

Top view

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

11.09.2012

Menilik Kemajuan

Bagi salah satu pendiri GPSP, Prof Mayling Oey

+ View

11.09.2012

Keluarga Jadi Sekolah

Apa yang dilakukan Rini Soemarno terhadap empat

+ View

Most Popular

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Keluarga Jadi Sekolah ...

Apa yang dilakukan Rini Soemarno terhadap empat ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top