SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012

Bila bagi sebagian orang bicara sejarah dianggap membosankan, hal itu tampaknya tidak berlaku bagi Rani Soetrisno. Siapa dia?

Rani Dewita Soetrisno, begitu nama lengkapnya, adalah perempuan kelahiran Jakarta, 19 September 1956. Penyuka bandeng dan udang goreng ini sudah bergabung gerakan Yayasan Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) sejak pertama kali didirikan oleh Herawati Diah, pada 27 Oktober 1998.

Ada alasan khusus mengapa Rani begitu cinta dengan sejarah. Kecintaan ini tumbuh dari kebiasaan ayahnya, seorang pejuang pra-kemerdekaan, menceritakan kisah-kisah pahlawan sejak Rani masih kecil. Rani masih ingat betul, 54 tahun yang lalu, ketika usianya masih tujuh tahun, sang ayah membawanya ke area hutan karet di kawasan Serpong, Tangerang.
“Di sini teman-temanku gugur sewaktu berperang. Kamu sedih tidak, kalau kehilangan temanmu?” kata ayahnya. Cerita-cerita itu ternyata melekat di benaknya hingga sekarang. Dan Rani makin tertarik dengan cerita-cerita bersejarah dari ayahnya.

Saking cintanya pada sejarah, hobi Rani pun tak lepas dari unsur sejarah. Rani suka sekali travelling. Tapi bukan sembarang travelling. Tempat yang dikunjungi harus punya sejarah menarik. Sehingga ketika pulang, dia tidak hanya mendapatkan kepuasan, namun juga pengetahuan baru tentang  tempat yang dikunjungi.

“Saya senang traveling Ke  Lasem, Surabaya Kota, dan Kota Tua. Kadang di tempat itu saya ngayal, dulu pasti ceritanya begini. Waktu kecil dulu, ada cerita Si jamin dan Si johan yang kerja dari trem ke trem. Gara-gara cerita itu, saya maksa ke Jakarta (dari Malang) hanya ingin lihat trem,” kenangnya.

Kecintaan Rani pada sejarah tak ingin dia rasakan sendiri. Rani punya harapan besar supaya perempuan Indonesia juga memiliki kecintaan pada sejarah seperti dirinya. Dengan mengetahui dan memahami sejarah bangsa, menurut Rani, fondasi Indonesia akan semakin kuat dalam mengarungi perkembangan zaman ke depan.

Perempuan harus menancapkan kecintaan kuat-kuat terhadap sejarah. Peran perempuan sebagai seorang ibu yang berjasa membesarkan dan mendidik anak-anak bangsa, sangat strategis dalam memberikan pemahaman sejarah sejak dini.

Dengan mengenali dan memahami sejarah, perempuan tak hanya bisa mengenali nilai-nilai dan karakter bangsanya. Lebih jauh dari itu, sejarah dapat membuat perempuan Indonesia lebih jeli membaca dinamika zaman, yang berguna bagi mereka dalam berdaya di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya.

Pun demikian ketika negara lain mencoba merebut wilayah NKRI. Perempuan dengan kepekaannya, akan merasakan hal itu sebagai upaya menginjak-injak harga diri bangsa.

“Perempuan yang paham sejarah pasti merasa terobek-robek hatinya, karena tahu dulu pahlawan sampai mengorbankan darah dan nyawa mereka untuk mempertahankan sejengkal tanah dari jajahan Belanda dan Jepang,” tuturnya.

Karena itu, meski pelajaran sejarah belum menjadi prioritas di bangku-bangku pendidikan, Rani mengajak perempuan Indonesia mulai rajin membuka-buka kembali buku-buku sejarah. Sebab, bila tidak mulai dari sekarang, lambat laun, generasi saat ini akan melupakan sejarah bangsanya sendiri.

Social Comments and Sharing

Top view

15.09.2019

Kisah Ramidi Nunggak SPP

  Jakarta – Ramidi tak pernah benar-benar

+ View

15.09.2019

Hadiah Laptop untuk Si

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer

+ View

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

Most Popular

Hadiah Laptop untuk Si ...

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer ...

+ View

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top