SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012
Tags: Tips   sj-expo  

Ada sebuah pandangan di tengah masyarakat, bahwa perempuan sebaiknya fokus di bidang pendidikan. Sedangkan laki-laki di bidang politik. Dikotomi ini muncul seolah ingin menjauhkan perempuan dari dunia politik yang kerap terlihat ‘kotor’.

Bagi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah Jakarta, Endang Sulastri, pandangan semacam ini tak bisa dibenarkan. Pengawas Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) itu menilai justru perempuan harus terlibat baik di politik maupun pendidikan.

“Dua-duanya penting. Perempuan yang masuk ke dunia politik, dia harus memiliki background ilmu pengetahuan yang luas. Karena perempuan bukan soal jumlah saja, tapi dia harus menjadi perwakilan bagi kaum perempuan secara keseluruhan,” kata Endang.

Endang menambahkan, perempuan bebas menentukan pilihannya di tengah masyarakat. Tak boleh ada pemisahan pekerjaan berdasarkan stereotip gender. “Kita harus memberikan kebebasan sesuai dengan kompetensi, keinginan, dan keahlian mereka,” terangnya.

Bagaimanapun, menurut Endang, perwakilan perempuan di panggung politik harus hadir. Sebab, posisi di kursi pemerintahan merupakan alat untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

“Repretasinya harus ada. Sehingga ketika perempuan sudah paham, maka harapannya ialah menjadi tauladan, dan pemimpin yang benar-benar berkualitas,” ujar mantan anggota Komisi Pemilihan Umum RI periode 2007-2012 itu.

Ruang untuk mengisi pos-pos pemerintahan sudah terbuka lebar. Hanya saja, menurut alumnus Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, belum banyak dimanfaatkan oleh para perempuan. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah GPSP ke depan.

“GPSP harus menyiapkan kader-kader perempuan untuk mengisi posisi politik, sehingga GPSP ke depan punya peran dan andil yang cukup besar di dalam mendorong perempuan masuk ke dalam politik,” kata Endang.

Tak hanya bidang politik. Endang menyebut, “termasuk juga bidang sosial dan budaya. Tentu kepedulian dan sensitivitas perempuan terhadap isu sosial di luar isu politik juga jadi isu penting. Seperti isu korupsi, kebersihan, dan pembangunan mental budaya masyarakat.”

Social Comments and Sharing

Top view

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

11.09.2012

Menilik Kemajuan

Bagi salah satu pendiri GPSP, Prof Mayling Oey

+ View

11.09.2012

Keluarga Jadi Sekolah

Apa yang dilakukan Rini Soemarno terhadap empat

+ View

Most Popular

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Keluarga Jadi Sekolah ...

Apa yang dilakukan Rini Soemarno terhadap empat ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top