SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012

Kiprah perempuan di sektor pemerintah sudah menunjukkan perkembangan yang semakin membaik. Kesempatan yang diberikan kepada perempuan, lewat kuota partisipasi 30 persen, telah mendorong banyak perempuan unjuk gigi di bidang politik.

Kendati demikian, bagi pengurus Yayasan GPSP bidang budaya dan pendidikan bersama lengkap Oelfah A. S. Harmanto, keberadaan perempuan pun ternyata masih mengkhawatirkan, dalam kaitannya pemberantasan korupsi di Indonesia. Sebagian kecil politisi perempuan belum siap menghalau diri dari kontaminasi korupsi.

“Saya tidak suka pembelaan apapun, arena kita (perempuan, Red) adalah contoh. Seperti pembelaan ‘kalau dihitung, jumlah yang korupsi masih banyak laki-laki’. Tidak boleh!” kata perempuan kelahiran Enrekang, Sulawesi Selatan, 17 Juli 1954 ini.

Korupsi tetaplah korupsi. Tidak peduli siapapun yang melakukannya, tindakan itu merupakan prilaku keji yang merugikan dan memiskinkan masyarakat. Karena itu, perempuan harus menjadi role model pemberantasan korupsi di Indonesia. Dan harus dimulai sejak usia dini.

“(Salah satu cara) misalnya, ketika masih SMP atau SMA, kalau ada sisa uang kepanitiaan, ya dikembalikan,” terang Oelfah.

Mantan anggota Komisi X DPR periode 2009-2014 ini menambahkan, pada dasarnya perempuan Indonesia saat ini sudah melek politik. Namun sosialisasi sadar politik seyogyanya tidak berhenti sampai di disini.

Di Indonesia, kata Oelfah, perempuan merupakan langganan lulusan terbanyak di berbagai perguruan tinggi. Nah, para mahasiswa ini, harus diajarkan berpolitik. Karena dengan berpolitik, maka banyak variabel yang bisa dipelajari.

“Jadi kalau cuma kutu buku saja, kita cuma melihat satu sisi. Lingkarannya kecil,” kata alumnus Universitas Hasanuddin Makassar tersebut.

Salah satu poin penting berpolitik bagi mahasiswi ialah, bisa memiliki relasi yang lebih luas, ketimbang mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk belajar tanpa berorganisasi.

“Kalau aktivis itu, masuk ruang rektor biasa saja. Karena di politik ada banyak variasi, dan bisa bertemu siapa pun,” jelas anggota Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) bidang Budaya dan Pendidikan ini.

Social Comments and Sharing

Top view

15.09.2019

Kisah Ramidi Nunggak SPP

  Jakarta – Ramidi tak pernah benar-benar

+ View

15.09.2019

Hadiah Laptop untuk Si

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer

+ View

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

Most Popular

Hadiah Laptop untuk Si ...

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer ...

+ View

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top