SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012

“Perempuan Indonesia itu punya kualitas, tapi hanya satu masalahnya,” demikian pernyataan Endang Dungga saat ditemui di Kantor Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) di Menara Peninsula, Jakarta Barat.

Masalahnya, lanjut Endang, tidak banyak perempuan Indonesia yang mau keluar dari zona nyamannya untuk selangkah lebih maju. Padahal, kesempatan di berbagai sektor kehidupan sudah sedemikian luas. Salah satunya di bidang politik.

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 25 April 1947 ini mengatakan,  dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003, 30 persen dari total calon yang diajukan setiap partai politik (parpol) ke kursi legislatif harus berasal dari kaum perempuan.

“Tapi kalau ditanya apakah sekarang persentase 30 persen itu sudah tercapai atau belum, mungkin belum,” kata Endang.

Kenapa hal ini  terjadi, lebih lanjut Endang menjelaskan alasannya, yakni  tidak diizinkan oleh keluarga atau terkendala biaya, hingga tidak ada waktu untuk melakoni peran politik.

Mantan Wakil Ketua GPSP era 2008-2010, Ketua GPSP periode 2010-2015, kian getol melakukan sosialisasi dan kegiatan   yang berfungsi mendorong partisipasi perempuan di bidang politik, terutama menjalin kemitraan dengan berbagai daerah untuk melakukan sosialisasi di akar rumput.

Selain itu, beberapa kegiatan pemberdayaan juga diupayakan, supaya perempuan mandiri di bidang ekonomi, sosial  dan kesehatan. Di antaranya, pelatihan keterampilan mendaur ulang sampah, gerakan anti korupsi, sosialisasi askes, serta penyuluhan narkoba.

“Kami juga bekerja sama dengan para perempuan hebat untuk membuat Jaringan Perempuan Peduli Pengendalian Tembakau. Sementara itu hubungan GPSP dengan KPK juga terus berjalan,” terang alumnus Universitas Gadjah Mada yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan GPSP.

Para perempuan tak usah takut menggantungkan cita-cita setinggi langit. Endang menyebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi merupakan contoh perempuan Indonesia yang punya kemauan, dan sukses dengan karirnya. Lobi-lobi Menlu, menurut Endang, telah melambungkan nama Indonesia di publik internasional.

“Pemimpin daerah perempuan juga sudah mulai banyak. Sekarang kembali lagi pertanyaannya, mau enggak? Perempuan Indonesia banyak yang punya kualitas dan kemampuan, tapi mau enggak?” tanyanya.

Kegigihan Endang di GPSP untuk mendorong perempuan Indonesia supaya keluar dari budaya patriarki takan pernah pudar. usia 71 tahun bukan halangan baginya melakoni peran di GPSP. Bagi Endang pekerjaan sosial, merupakan pengabdian yang tak kalah pentingnya dibandingkan jabatan duniawi.

“Jabatan sosial bisa berhenti, tapi pengabdian sosial tak pernah henti,” kata mantan Kepala Dinas Bina Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta ini.

Social Comments and Sharing

Top view

15.09.2019

Kisah Ramidi Nunggak SPP

  Jakarta – Ramidi tak pernah benar-benar

+ View

15.09.2019

Hadiah Laptop untuk Si

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer

+ View

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

Most Popular

Hadiah Laptop untuk Si ...

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer ...

+ View

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top