SJ Health - шаблон joomla Авто
Breaking News:
Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini -- "Jakarta – Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk perempuan muda. Karena ..." -- 01 October 2012
Tepat...! Perempuan Jadi Kunci Utama Pembangunan Nasional -- "JAKARTA – Kunci utama pembangunan nasional tidak hanya terletak di atas pundak laki-laki. ..." -- 05 December 2012
Wow...! GPSP Latih Generasi Zaman Now Bangun Kesadaran Gender -- "JAKARTA- Yayasan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) menyadari betul pentingnya ..." -- 01 October 2012

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia belum sepenuhnya bisa diwujudkan. Alasannya karena banyak perempuan Indonesia yang tak bisa berbuat banyak, sebab tingkat pendidikan yang masih rendah.

Demikian pernyataan presenter cantik Anita Mae saat dihubungi Jurnas.com, Sabtu (17/2) kemarin. Bagi Anita, hal yang perlu dilakukan pemerintah bersama masyarakat ialah membekali ibu-ibu rumah tangga dengan keahlian. Sehingga mereka bisa mendatangkan penghasilan, meski hanya bisa bekerja di rumah.

 

“Keahlian itu kunci pemberdayaan perempuan. Dengan memberdayakan ibu-ibu, mereka gak usah kerja di kantor deh, karena gak punya skill. Jualan aja deh di rumah, gimana caranya menghasilkan di rumah,” kata perempuan kelahiran Mataram, 11 Oktober 1986 itu.

 

Dan yang bertanggung jawab untuk memberikan keahlian itu, kata Anita, yakni kelompok-kelompok masyarakat, penyuluhan dari perguruan tinggi, hingga pemerintah.

 

Tak mudah mengharapkan perempuan berpendidikan tinggi kembali ke daerah asal untuk membesarkan kampung halamannya. Anita mencontohkan, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), perempuan yang punya pendidikan tinggi umumnya akan mencari pekerjaan di kota-kota besar, alih-alih kembali ke Lombok setelah lulus.

 

“Karena yang punya pendidikan tinggi pasti punya achievment yang lebih tinggi. Misalnya, dia kuliahnya aja udah di Jogja, mendingan cari kerja di Jogja juga atau ke Jakarta dengan tantangan dan achievment yang lebih besar,” ucapnya.

 

Politik wadah pemberdayaan perempuan

 

Anita Mae tak menyangkal bahwa dewasa ini politik bisa dijadikan jalan untuk memberdayakan kaum perempuan. Ketika berada di kursi birokrasi, perempuan memang diharapkan mampu menelurkan kebijakan yang dapat meningkatkan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

 

Seperti yang dilakukan Herawati Diah, sang pendiri Yayasan Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan (GPSP) akhir 1998 silam. Menurut Anita, Herawati Diah saat itu menginginkan perempuan berdaya dan mandiri meskipun hanya dalam menyuarakan pilihannya.

 

“Kalau kita lihat pemimpin-pemimpin perempuan, mereka punya potensi yang bisa dikembangkan untuk kepentingan masyarakat,” ujar pemilik nama lengkap Anita Risma Maerani ini.

 

“Contohnya Ibu Susi. Meskipun secara pendidikan dia gak lulus SMA, dia bisa jadi menteri dan mengamankan Indonesia dengan cara nyentriknya dia. Dia punya potensi yang bisa dikembangkan. So, politik sesuatu yang lumrah buat perempuan. Why not?” lanjutnya.

Social Comments and Sharing

Top view

15.09.2019

Kisah Ramidi Nunggak SPP

  Jakarta – Ramidi tak pernah benar-benar

+ View

15.09.2019

Hadiah Laptop untuk Si

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer

+ View

22.02.2019

Ibu Linda Agum Gumelar

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica

+ View

12.02.2019

SOSIALISASI PANDUAN

Pada Hari Rabu 13 Februari 2019 Ibu Noesje

+ View

20.12.2018

Pembahasan Usulan

Kegiatan Berkala GPSP, rapat pengurus yang

+ View

11.09.2012

Memikul Indonesia di

Berkaca pada sejarah Indonesia, kiprah perempuan

+ View

Most Popular

Hadiah Laptop untuk Si ...

Jakarta – Di era teknologi dewasa ini, komputer ...

+ View

Ibu Linda Agum Gumelar ...

Pada Hari Kamis 21 Februari 2019 di Ruang Merica ...

+ View

Jika Melapor, Pecandu ...

Jakarta – Tidak dipungkiri peredaran narkotika di ...

+ View

Inspirasi Perempuan

Anita Mae: Keahlian Jadi ...

Jakarta – Pemberdayaan perempuan di Indonesia ...

Diskusi Nasional: Peran ...

Acara Diskusi Nasional bertajuk "Peran Perempuan ...

Atlet Indonesia Harus ...

Jakarta – Prestasi Indonesia di kancah Asia saat ...

Linda Gumelar Tak Mau ...

Setelah berhenti sebagai Menteri Pemberdayaan ...

  • Prev
  • Mitra & Partner
Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Olive Sienna Teal Dark_blue
Background Color
Text Color
Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction
Scroll to top